Senin, 24 September 2012

Definisi ekonomi


Definisi ekonomi asal kata ekonomi dari bahasa yunani yaitu, oikos dan nomos adalah peraturan rumah tangga.  Ekonomi adalah aktivitas untuk memebuhi kebutuhan baik individu orang perorangan. Manusia dalam memenuhi kegiatan/aktivitasnya memerlukan kebutuhan atau keinginan.
Kebutuhan atau keinginan dapat berupa barang atau jasa. Barang adalah suatu kebutuhan yang dapat terlihat sedangkan jasa adalah kebutuhan yang tidak dapat terlihat tetapi dapat dirasakan pelayanannya. Kebutuhan barang/jasa terbagi menjadi 2 yaitu:
Kebutuhan terbatas
Kebutuhan tidak terbatas
Dibagi menjadi dua pilihan yaitu;  produsen dan konsumen. Produsen adalah orang yang menghasilkan barang dan jasa untuk dijual atau dipasarkan. Sedangkan konsumen (consumer) adalah seseorang yang membeli barang atau menggunakan jasa.
Opprtunity  cost  (kesempatan kerja) adalah suatu biaya dari hilangnya suatu kesempatan dalam menggunakan sumber daya tertentu. Opprtunity  cost  dibagi menjadi 2 yaitu ;pendekatan ekonomi  adalah hasil dan manfaat arus masukan/ input dan  pendekatan akuntansi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar